Dizaman modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang tidak percaya lagi dengan sesuatu yang berbau mistis. Padahal sebenarnya sejarah Bangsa Indonesia tidak lepas dari hal – hal magis (mistis). Salah contohnya ialah kisah  Presiden  Soekarno. Beliau selalu membawa keris pusakanya yang menurut kisah keris tersebut pernah hendak dicuri penjajah dalam suatu pertemuan. Namun ketika para penjajah mengambil keris tersebut, entah kenapa keris tersebut tak bisa diangkat, bahkan oleh empat orang sekalipun!

Kembali ke topik tentang asal usul jenglot,

Apa Itu Jenglot?

Jenglot adalah boneka seram dan sakti yang menurut cerita boneka tersebut adalah jasad manusia yang sudah meninggal. Namun jasad tersebut tidak diterima bumi!

Lalu Bagaimana Asal Usul Jenglot?

Kebetulan kemarin malam saya berbincang – bincang dengan seseorang yang sedikit banyak faham masalah jenglot (maklum…., beliau adalah cucu dari seseorang yang sakti :-P). Namanya adalah Aping dari daerah Indramayu.

Menurut beliau, jenglot semasa hidupnya adalah orang sakti yang mengamamalkan Ajian Watu Karang (ada yang bilang ajian Batara Karang). Orang yang mengamalkan ajian tersebut susah untuk dibunuh! Sakti bukan….?

Emang sakti sich…., tapi setiap orang yang mengamalkan ajian tersebut harus siap menanggung resikonya. Mereka yang mengamalkan ajian tersebut melakukan sebuah perjanjian (kayaknya dengan setan). Isi dari perjanjiannya adalah apabila ia meninggal maka tubuhnya akan menjadi watu karang (batu karang) dan selamanya tidak akan mati dengan sempurna, karena jasadnya tidak diterima oleh bumi dan mungkin rohnya masih terperangkap dalam jasadnya yang sudah mati, atau jasadnya ditempati oleh makhluk ghaib!

Lalu…, Kenapa Banyak Sekali Orang Yang Menginginkan Jenglot. Bahkan Mereka Mau Membeli Jenglot Dengan Harga Ratusan Juta….?

Menurut beberapa  narasumber, mereka berburu jenglot karena dipercaya dapat mengabulkan apapun keinginanya, termasuk menjadi sakti dan kebal. Pokoknya apa aja deh…..!

Itulah sekelumit kisah tentang jenglot. Yaahhh…., mungkin sebagian orang tak akan percaya apa yang saya ceritakan ini :-/. Tapii…., saya sendiri percaya kalau cerita saya ini nyata, karena saya pernah menyaksikannya secara langsung. Sayangnya saya tidak bisa memotretnya (maklum, hpnya butut :-P). Tapi segala sesuatunya pasrahkan sama Allah, hanya dia yang maha tahu! Semoga artikel saya dapat menjadi pengetahuan bagi anda………

Foto – foto jenglot yang lain:

Notes: Foto – foto di atas adalah hasil searching sama Oom Google!

About these ads

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

68 responses »

  1. chow says:

    di kampung ane ada banyak noh… jengkol bukan jenglot :D

  2. nur faqih says:

    kalau jenglot sakti dan mahal, yo kita budi daya jenglot!!!!! kita jadi cpet kaya….

    Preeeetttt…..!!

  3. Agungpranata says:

    Saya kira yg crita it cucunya jenglot,hahahaha

    • nur faqih says:

      Bapak ku bukan dukun , tapi punya jenglot banyak sekali, sering dibuang tapi datang lagi secara gaib. siapa mau……beneran ini………..
      oh … salah ktik, mksdku.jenggot………..

  4. ryan says:

    saya mau minta ilmu am jengglot

  5. Hmm..da ada ja dunia ini :(
    Banyak yang nyeremin :(

  6. Ari says:

    Kirai Jenglot kayak kadal

  7. aswiralodra says:

    Orang Indonesia memang aneh, dulu waktu orang barat tidak percaya hal mistis, orang Indonesia malah sangat percaya. Tp sekarang giliran orang barat percaya, kita malah ga percaya. Coba deh googling mengenai proyek stargate yg dilakukan negara amerika!
    Guys.., otak manusia memang hebat, tp ga semua hal dapat kita cerna dengan akal. Telitilah dahulu sebelum berkomentar, didaerah saya masih banyak orang yg mengamalkan ilmu2 peninggalan leluhur!

  8. aswiralodra says:

    @ All
    Dulu katanya orang kebanyakan mencari ilmu, bukan kekayaan. Makanya banyak orang yg bersekutu dengan jin hanya demi mendapt kesaktian. Sama halnya dengan sekarang, kebanyakan orang mencari harta, tidak perduli itu harta darimana asalnya. Yg penting dia kaya!
    Saya pribadi dulunya adalah orang yg tertarik dengan hal2 kaya gitu, tapi sekarang nggak lagi. Justru saya lebih tertarik dengan kebudayaan lokal, khususnya silat!

  9. farid says:

    Jenglot mungkin adalah sebuah pembahasan yang tidak ada akhirnya,berbagai penelitian telah dilakukan termasuk memeriksa DNA dari jenglot itu sendiri dan hasilnya mungkin cukup mengejutkan struktur DNA jenglot hampir sama dengan manusia.Konon jenglot yang merupakan pengjelmaan dari batara karang atau bhetara karang ini adalah mahluk yang dapat hidup.

    Mereka banyak diburu dan dicari namun tidak sedikit yang menemukannya secara tidak sengaja.Tidak sedikit yang mencari jenglot untuk dijadikan sebagai jimat penjaga keselamatan namun tak sedikit juga yang merasa khawatir dengan keberadaan jenglot di lingkungannya karena konon jenglot sangat suka menghisap darah manusia.

    Jenglot katanya harus diberi makan darah manusia dan minyak japaron atau bisa juga dengan sesajen kembang tujuh rupa.

    Hingga saat ini sejarah asal mula jenglot tidak pernah diketahui dengan jelas,ini masih menjadi spot misteri yang harus dipecahkan.Beberapa versi mengatakan bahwa jenglot adalah penjelmaan dari batara karang.Versi lain mengatakan bahwa sebenarnya jenglot adalah orang yang mempelajari ilmu hitam dan apabila orang tersebut mati maka dia akan menjadi jenglot.Ada juga yang percaya bahwa jenglot adalah jin sehingga dalam memberikan makannya tidak perlu memakai darah manusia,cukup dengan minyak japaron.

    Seandainya anda adalah orang yang skeptis dengan keberadaan jenglot dan mitos yang menyertainya maka itu adalah sebuah hal yang wajar karena di zaman seperti ini,orang-orang akan lebih percaya kepada hal yang bersifat logis.Tapi dibalik itu semua,fenomena jenglot yang rambut,gigi dan kukunya bisa memanjang adalah sebuah fakta aneh yang sampai sekarang belum bisa terungkap.

    Andaikan jenglot adalah buatan manusia,bagaimana caranya dia menumbuhkan rambut,gigi dan kuku jenglot?Bagaimana anda bisa menjelaskan jenglot yang tiba-tiba ada di rumah anda,misalnya?Apalagi penampakan jenglot konon selalu didahului oleh pertanda mimpi.Bila jenglot tersebut ingin mempunyai tuan maka dia akan datang kepada orang yang cocok dengannya namun bila anda ingin mempunyai jenglot,tampaknya anda harus berburu untuk mendapatkannya.

    Sadar atau tidak,selalu ada sisi lain di kehidupan ini.Jenglot akan terus ada mengisi setiap abad di kehidupan masyarakat indonesia.Mungkin kita harus berbangga karena hanya di indonesia jenglot berada.Percaya tidak percaya,jenglot itu ada.Dan itu semua hanya ada di Indonesia

  10. iwanez says:

    Tadi siang teman saya menggoreng yg namanya JENGLOT ,, setelah digoreng, dia menuruh saya untuk mencicipinya ,, setelah saya mencicipinya ternyata benar gan, itu JENGkol beneran aLOT ,, just 4 laugh

  11. Sorry buat yg komentar ada yang benar ada yg salah gaib itu ☞ nyata ada nya ada yg blang klu kita percaya dengan hal gaib itu ☞ musrik itu ☞ tidak benar kita harus meyakini ada nya alam gaib karena allah menciptakan bumi ada dua alam yaitu alam manusia dan alam gaib,hanya ilmu nya yang cetek kalau manusia gak percaya ada nya gaib kita hrus prcaya kalau ada alam gaib karena itu ☞ kebesaran allah,karena kekuatan allah itu ☞ tiada tanding allah lah yg maha segala nya,kembali ke pokok sama seperti yang punya blog ini jenglot asal muasal nya dari manusia yang belajar ilmu batara karang/ilmu2 rawa rontek dll,kenapa tidak di trima bumi karena ilmu yang mereka pelajari hukum nya mudarot yang mereka pelajari ilmu yang tak akan mati2 atau kekal abadi karena kekuasaan allah 1jt kali pun manusia berpuasa tak akan mati2 tetap manusia akan berpulang kerahmatuwllah karena allah tidak menciptakan manusia hidup di dunia kekal dan abadi,kita harus prcaya kalau ada nya gaib tapi tetap kita tidak boleh menduakan allah..

  12. samsoe says:

    jenglot adalah salah satu wujud setan.
    ingat..! setan bisa berubah bentuk menjadi apapun untuk menggoda manusia.jangan anda tertipu dengan tipuan muslihat setan
    Di dunia ini yg di turunkan ke bumi hanya jin & manusia.Sedangkan iblis,setan,kuntilanak,genderuwo,pocong adalah bangsa jin itulah jin yg kafir.
    Manusiapun ada yg kafir seperti dukun,tukang sihir,penyembah berhala,dll.
    saya katakan sekali lagi ,,jenglot itu adalah wujud setan maka janganlah anda berteman dengan setan karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yg nyata & hanya akan membawa kamu ke neraka jahanam
    ingatlah selalu kepada Allah SWT

  13. aswiralodra says:

    @ adeardhabachdim
    Ya seperti itulah jenglot. Jenglot tuh semakin tua ukuran tubuhnya semakin kecil, namun rambut dan kukunya semakin panjang!

  14. apa jenglot bentukx kaya gitu yach.,??
    truss klu jenglot itu dlux manusia kog matix jadi kcil gytu kya boneka kayu ajaa

  15. angga says:

    soriga bukan sok tua atau sok ngerti menerutku semua ilmu itu baik dan tidak sesat gan hanya orang yang mempelajari ilmu itu gan yang bikin sesat dan melenceng karna ketamakan manusia
    masalah jenglot itu saya percaya gan tapi gatau aslinya tapi saya yakini semua yang ada didunia ini pasti akan kembali ke sisinya gan tergantung dalam keyakinan kita anda percaya is ok tidak pun juga ga papa karna orang itu berbeda beda gan tapi semua orang memiliki tujuan yang sama aslinya sama seperti si jenglot mereka mungkin dulu orang yang pengen kekal abadi tapi mereka juga punya kepercayaan yang kita seendiri juga punya ……
    untuk postingan nya ceritanya menarik dan bisa di buat pedoman kita dan mengingatkan tapi jangan ditambah tambahin tentang yang aneh aneh semoga ini bisa menjadi pedoman agar kita bisa memantapkan iman kita kepada tuhan kita

    salam satoe jiwa

  16. aswiralodra says:

    @ Richie Mackenzie:
    Thx gan udah kasih support. Memang Allah melarang kita meyakini selain Allah, tapi menganjurkan kita untuk mempercayai “keberadaan” hal gaib, kenapa? Agar kita terhindar dari sesuatu yg membuat kita sesat.
    Seyogyanya kita bisa berfikir luas.

  17. GW PERCAYA SM PERINCIAN MAS YG PNYA BLOG N , KITA PERCAYA ALLAH , BRARTI KITA HARUS PERCAYA GAIB , INGAT RUKUN IMAN KE “2″ (IMAN KEPADA MALIKAT2 ) , TP BUKAN BERARTI KITA HARUS MENDUA KAN ALLAH Y ,,,!!!!

  18. Jgn lah terlalu percaya pd hal”tersebut karna itu adlh perbuatan musyrik

  19. kendil fadil says:

    semua sok tau sok bener sok mengadili, termasuk saya…

  20. Aam says:

    Ga slah tuh nabi ibrahim dkasih mukjizat memerintahkan jin…
    Bkanya nabi sulaiman yg mempunyai pasukan dr g0l0ngan jin dan manusia dan jg bsa berbicara pda hewan…

    Jgan slah” lho ya?!..

    • aswiralodra says:

      Tentu saja itu mu’jizat. Sekarang anda fikir, ga semua raja mampu memerintahkan bangsa jin. Apalagi bisa setakluk itu? Manusia ga bisa melakukan hal yang sama. So, apa itu ga pantas disebut mu’jizat?

  21. [...] Asal Usul JENGLOT (Menguak Misteri Jenglot) [...]

  22. ratna says:

    udah tau jenglot itu mahluk rekayasa tetapi kenapa mash banyk yang percaya ….
    pada mikir gk sih loh….cuma nanya ja…?

    • aswiralodra says:

      Buat semua aja..
      Saya tidak mengatakan bahwa jenglot Tuhan, dan mempercayai sesuatu yg gaib itu bukannya diwajibkan oleh Allah. Dalam al-qur’an pun sering sekali menceritakan tentang hal mistis. Contoh, cerita Nabi Ibrahim yg memerintahkan rakyatnya dari bangsa jin untuk mengambil singgasana ratu bilqis. Tentu masih banyak lagi kisah2 yg menyangkut hal mistis di al-qur’an. Kalau anda tidak percaya hal mistik, berarti anda tak percaya al-qur’an. So, andalah yg musyrik..
      Jenglot hanya manusia yg membuat konsekwensi dgn setan. Anda percaya kalau di daerah saya ada yg punya aji2 jaman dulu yg sekarang hampir punah? Seperti halnya aji bandung bondowoso, aji riyak sebandem, aji kidhang mangklung, dll.. Percaya atau tidak, tp ini fakta!

  23. boncep says:

    gue yakin itu ada…contoh sderhana dari mistik bisa kita liat org yg kesurupan,,percaya ga percaya itu ada unsur gaibnya,,tapi ga ada yang lebih sakti ko dari allah…

  24. boncep says:

    ternak jenglot bisa bikin tajir tu..hhha tp inget dosa jo!!!

  25. khafif says:

    smua info dan gambar tdk benar adanya,palsu dan ngawur.tdk sesuai yg sebenarnya

  26. anto says:

    brarti jenglot tuh uga bsa buat kita kaya dunk asyk ga klo gitutuh…!!

  27. wiseman says:

    Hahaha … semua konmentar diatas cuma dua : 1> Percaya jenglot dan 2.> Tidak percaya Jenglot… nah … menurut saya, kita ga usah munafiklah dengan kejadian nyata di sekitar kita maksudnya jangan di perdebatkan, hargai saja semuanya itu sebagai kekayaan budaya nusantara. Coba kita lihat pesta halloween di negara barat … sudah jadi budaya … tapi mereka tidak mem-perdebatkannya, jangan anda kira di amerika yang gudangnya teknologi ga percaya dengan hal-hal mistis ya bukan ghaib karna ghaib itu cakupannya luas. di sana (Amerika) Kelompok mistis (supranatural) itu di sponsori pemerintah lo … boleh percaya/tidak. Bahkan kekuatan mistis mereka juga di pake untuk kekuatan militer, sama halnya dengan Jerman waktu zaman NAZI. Kesimpulannya Kita Bangsa Indonesia ini sebenarnya Jauh Lebih maju dari Negara Luar dalam Hal mistis tapi dalam hal teknologi kita jauh bgt Ketinggalannya… betul ga??? contohnya gak jauh2 deh, … HP Nokia … semua tipe fungsinya gak jauh beda dan semua orang ampe (maaf) Pemulung pun bs pake… coba ganti merek lain … mungkin HP-nya dibanting kali, hanya gara2 ga bs SMS. thanx brooo … ga ada maksud macem2 cuma sharing aja … Alangkah baiknya semua kekuatan yang kita miliki tanpa terkecuali kita pake lagi untuk membela Negri kita yang tercinta ini bukan untuk saling menganiaya saudara kita sendiri.
    Satu lagi, … Negara Bebas di dunia ini dimana ??? pasti semua orang mikir Amerika khan …. Salah … Negara yang paling bebas adalah Indonesia, Kenapa ??? karna : salah satu contoh aja ya … di Indonesia kita jualan Cendol aja bisa hidup satu Keluarga tapi kebalikannya di Amerika, Jualan Cendol … mati satu keluarga ….
    Hehehe skali lagi Maaf, Just Sharing, Just Kidding
    Thanx unt waktunya mbaca ini yooo…
    c … u … by ..

  28. nazim says:

    saya ada dua jenglot…..carii buyer nee….nak booking bmw..cepat yhe…

  29. ifan says:

    hati2 gan jngan bermain2 dngan k musyrikan ” mnduakan ALLAH SWT” krn itu prbuatan dosa yg paling besar… kan udah jelas ALLAH akan mngantar orang2 yg musyrik..

  30. purnomo says:

    apa demplot???

  31. rendi says:

    tadi kan katanya jenglot manusia sakti jaman dulu, nah saya pengen nambahin nih,
    waktu dulu kita di jajah belanda, kita orang indonesia tidak punya senjata kecuali bambu runcing, pikiran dan tekad yang kuat, nah mungkin saja si jenglot ini semasa hidupnya pernah membantu ataupun berjasa ketika melawan penjajahan dengan ilmu yang di milikinya ataupun dia rela melakukan perjanjian dengan setan demi kemerdeka’an indonesia walaupun konsekwensinya dia akan menjadi (batara karang), semua itu memang hanya Allah yang tau tapi memang pada jaman dulu di tanah indonesia ini banyak sekali jago” atau jawara” yang memiliki kemampuan istimewa, percaya atau tidak percayalah karena banyak bukti dan cerita rakyat seperti halnya sangkuriang yang bisa membendung sungai citarum sehingga menjadi danau bandung, kemudian danau itu telah surut dan menjadi kota bandung….dan perahu yg di tendangnya menjadi gunung sunda atau yang lebih kita kenal gunung tang kuban perahu…. yang sudah meletus beberapa tahun silam,….

    • aswiralodra says:

      @rendy
      maaf, emang anda tahu belanda ngejajah Indonesia thn berapa? Itu udah beda zaman mas, kalaupun waktu zaman belanda masih ada orang sakti, paling cuma satu dua orang. Seperti Bung Karno misalnya, yg “katanya” beberapa pasukan jepang ga bisa mengangkat keris Bung Karno. Padahal keris kan kecil!

  32. joe says:

    saya numpang tanya nih pada semuanya aja,,,
    td saya melihat ada orang berjualan jenglot,
    lebih dari satu,bukankah aneh…
    kok kayaknya perlu diragukan keasliannya…
    nah,kalo emang tu palsu,kenapa kok ya dipasarkan?

  33. cherie says:

    mank lu dah pernah liat jenglot seperti apa????????????????

  34. riezmha says:

    w gx percaya ma jenglot!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. Aswiralodra says:

    Maaf nih agan agan semua, ane habis cuti dari dunia perbloggingan. Maklum, ane lagi sibuk mulu! Hehee….
    Ane cuma mau ngelurusin kalo ane cuma pengen sharing aja, jadi bukannya sok tau! Semua ilmu tuh perlu dipelajari loh.., ilmu copoet juga boleh kita pelajari, tapi bukana buat nyopet, melainkan supaya kita tidak kecopetan. kan udah tau ilmunya…!!! Sama seperti jenglot tuh, kita boleh tahu seperti apa tuh jenglot, supaya kelak kita nggak tersesat….!!! Maaf nih gan, bukannya menggurui, kita kan sama2 belajar! Maaf kalo ada salah kata….

  36. rachman says:

    jenglot” kasian banget nasib u….makan a klo di kasi hidup berbuat baik,eh dia malah bersekutu ma setan……
    duhhhh kasiian amat…nasib”…..heeee
    klo jenglot ci no,tapi kalo jengkol w ci yesss” aje..

  37. lukman says:

    sing penting aku dukung sing posting. sing coment ngenyek sing posting ki kyok ngerti2 o wae..hhe

  38. Nico says:

    Inti comment saya hanya ingin menyatakan bahwa segala sesuatunya bermula dari tidak ada, tapi akan menjadi ada seandainya diadakan, jadi tak perlu lah kita mengadakan perkiraan2 diluar alam dimensi hidup kita karena hanya iman lah yang mampu meluruskan pikiran kita.

  39. fitry says:

    //;”EitZzzz….!!
    kRna ba’yk yG pRcya tuH kLO jenGlot tu sKti,kLo bLeh kSh sRan,mNding jengot di mUsnahkN aj/kLO ga,ga usH d pRjual blikan kya gTu…. kShan kN yG bLi.!!! uDah uang’y kLuar ba’yk,tyuZ dy uGha jDi cLon pEngHuni nEraka,kRna pRcya 5 kEkuatan m!Zztik ‘n iLmu sEsat yg jaUh dR kLurusan ajRn Allah SWT kya gTuan…!!!!!!

  40. fitry says:

    //,”Ea,bTul bGT tuh,cHuy !!!!!…

  41. Dodi says:

    AKu punya bambu ketemu buku. aku mau jual 100 jta

  42. ochan says:

    benar itu mas rijal :-)

  43. rijal says:

    betul…jenglot tidak bisa membantu manusia dalam berbagai hal di dunia ini…walau semua cerita sangat mengagung2kan jenglot tp saya hanya takut dan hanya memohon bantuan dari ALLAH semata,karena hanya ALLAH yang mampu menolong manusia di dunia ini..

  44. kakiari says:

    Well, sy juga pernah melihat pada pameran benda-2 pusaka. Sy juga heran, kok ada makhluk yg mirip manusia. Karena penasaran, sy tanyakan kpd seseorang. Jawabannya adalah jenglot adalah manusia terkutuk, krn mengamalkan ilmu jahat (?). Jenglot bisa dipelihara untuk tujuan jahat. Makanannya/minumannya darah segar. Kalo terlambat ngasih makan/minum, darah pemilik atau keluarga jadi taruhannya.
    Syirikkah kita kalo mempercayainya? Rasanya kok nggak. Itu kan sama dengan kita percaya bahwa kita juga punya kekuatan. Nah, baru syirik kalau kita menyekutukan dengan Allah SWT, misalnya memelihara untuk tujuan jahat (disuruh mencari kekayaan, nyantet, dll.)

  45. chemeonk says:

    Semua benda pusaka itu ada, jenglot pun ada..kalo mau bilang percaya ato tidak terserah diri kita masing2..bilang ga percaya sama benda pusaka, tapi nabi musa pakai tongkat magis, wali juga pake keris..Betul ga? Lha gunanya tonkat sama keris yg dipkai nabi dan wali untuk apa?
    Om aswira, emang pernah liat itu jengglot asli ato bikinan…yg saya tau daerah indramayu banyak benda2 pusaka bikinan alias aspal..termasuk jenglot / batara karang

  46. aswiralodra says:

    @bogel,
    aku ora ngapusi toh mas bogel!
    Aku cuma sharing apa yang aku ketahui aja! Memang jenglot sakti, tapi jenglot tuh jelmaan jin gel. Jadi ya, jgn takut, oke bos….?

  47. bogel says:

    mbelll…
    Ngapusi
    Ora wedi

  48. aswiralodra says:

    @ ikhwan:
    Yupss…., thanks ya udah berkunjung! :smile:

  49. Ikhwan 'van Atjeh' says:

    Jangan pernah percaya dengan kekuatan magis pada jenglot atau boneka magis lainnya, apalagi kalau Muslim. Bila ada orang Muslim yang percaya dengan kekuatan magis pada boneka ini, berarti dia adalah orang yang musyrik dan sirik. dan ingat orang sirik tidak akan masuk surga.

  50. aswiralodra says:

    @ fpi:
    Thanks udah berkunjung!
    Saya juga kurang tau ya, soalnya saya ga tertarik ama benda2 pusaka. Saya posting nih artikel karena saya suka ama ceritanya aja, hehee…. Tp boleh dicoba gan…, supaya agan ga penasaran!

  51. fpi says:

    pegang jenglot dipotong rambutnya tidak putus coba dibakar aja tahan api ga

  52. Aswiralodra says:

    Ya, jenglot memang sama sekali tidak mampu menjaga manusia. Hanya orang2 musyrik yg percaya kalo jenglot itu mampu menjaga manusia, karena hakikatnya tuhanlah yang menjaga kita!
    Tapi maaf nih gan, untuk mengecek kalo jenglot itu palsu atau asli, dicobanya jgn gitu gan. Coba agan pegang tuh jenglot, trus potong rambut anda. Kalau rambut anda tidak putus, berarti itu yg asli! Soalnya di daerah saya ada yg punya jenglot.
    Pada intinya, hanya orang2 kafir yg meng-imani dan memelihara jenglot. Terima kasih atas kunjungannya gan…..

  53. zul asri says:

    jenglot adalah makhluk rekayasa, saya mendapatkannya dari seseorang sebagai sitaan, saya buktikan dihadapan yang punya yaitu saya injak-injak, saya lemparkan ke dinding, lalu giginya patah, terus saya katakan kepada yang punya coba pikirkan mana mungkin dia (Jenglot) bisa menjaga anda, menjaga diri sendiri aja tidak bisa…….karena ia memang tidak ada apa-apanya dia hanya sekedar makhluk rekayasa untuk menakut-nakuti orang yang lemah imannya….mau bukti….coba aja sendiri saya g’ akan ada perlawanan…

    • monmon says:

      post di atas mengatakan klo qt bisa minta ap sja ke jenglot.,
      apa bisa qt minta masuk SURGA.,. =DD

      • nur faqih says:

        klaw jenglot sakti dan mahal, yo kita budidaya jenglot…………… biar cpet kaya………

        • nur faqih says:

          Bapak ku bukan dukun , tapi punya jenglot banyak sekali, sering dibuang tapi datang lagi secara gaib. siapa mau……beneran ini………..
          oh … salah ktik, mksdku.jenggot………..

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s