Barangkali tips ini sudah tidak berlaku bagi sebagian besar orang. Tapi tidak semua orang paham betul tentang hardware komputer!
Pada artikel ini, saya mencoba sharing memilih hardware komputer. Barangkali ada yang mau beli kompi baru, hehee……
Oke, langsung ke TKP. Menurut saya, sebaiknya kita merakit dan memilih hardware sendiri ketimbang membeli paketan! Soalnya gini, kalo kita beli paketan, menurut saya harganya lebih mahal dan spesifikasinya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi kalo ngerakit sendiri, kita bisa menentukan spesifikasi sesuai kebutuhan dan uang yang kita punya!
Untuk yang modalnya pas – pas’an seperti saya, kalo mau spesifikasi yang oke tapi harga murah, belilah hardware yang tidak terlalu bermerek. Contoh kecil, misal kita mau beli motherboard, pilih merek yang tidak terlalu terkenal seperti elite. Masalah kualitas menurut saya rasa tidak terlalu jauh berbeda! Memilih motherboard:
Pilihlah motherboard yang VGA-nya udah onboard (sekarang kebanyakan udah onboard, jadi ga perlu kawatir), trus kalo bisa mah pilih motherboard yang slotnya lengkap (slot memory, vga, dll). Soalnya kalo suatu saat kita pengen upgrade jadi ga perlu pusing nyari yang pas buat slot motherboard kita, kan slotnya komplit! Nah, tapi jangan salah. Lebih baik kita beli motherboard yang udah support processor keluaran sekarang. Yahh….. minimal yang support dualcore gitu! Biar ga ketinggalan jaman….. Memilih casing:
Casing menurut saya ga terlalu penting, jadi beli yang murahan aja yang udah ada power supply-nya. Atau mau beli casing ama power supply secara terpisah juga ga papa! Memilih Harddisk:
Untuk harddisk, kita harus memperhitungkan kebutuhan kita, kalo cuma sekedar buat nyimpen data alakadarnya, sebaiknya beli yang 80 Giga aja! Tapi kalo mau nyimpen banyak file, belilah yang lebih gede kapasitasnya. Tapi harus diperhitungkan dulu! Memilih CD-ROM:
Nah…., kalo yang ini anda harus mempertimbangkan “apa yang ingin saya lakukan dengan CD-ROM ini?”. Kalo cuma buat instal, sama meng-copy lagu ya beli aja CD-ROM biasa, tp kalo mau back up CD juga ya beli CD RW. Nah untuk yang suka nonton DVD, beli DVD-ROM. Atau sekalian DVD Combo biar bisa back up CD juga! Tapi kalau emang butuh buat buat bikin atau back up DVD juga, berarti beli DVD RW aja brow, udah komplit banget! Memilih Memory:
Tau kan apa itu memory? Contohnya SDRAM, DDR2, DDR3, dll (kalo sekarang kebanyakan DDR2 dan DDR3) pasti udah tau lah…..
Sebelum membeli, lihat dulu slot buat RAM alias Memory yang ada di Motherboard. Nah, untuk ukuran sebaiknya yang 1 giga keatas, soalnya fungsi memory itu untuk tempat berjalannya software! Kalo lebih gede kan bagus! Memilih Monitor:
Jaman sekarang kebanyakan orang menggunakan monitor LCD, tapi kalo uangnya ga cukup beli yang CRT aja, alias monitor yang ada tabungnya. Tapi yang resolusinya agak tinggi ya? Kalo mau beli yang LCD juga ga papa, yang murahan aja brow, biar ga nguras kantong! Masalah ukuran terserah kebutuhan anda aja ya. Kalo masalah mouse ama keyboard terserah anda, kan kalo yang itu murah!
Dan untuk printer, karena itu adalah perangkat tambahan, jadi belinya nyusul aja. Atau anda bisa langsung beli juga ga papa, intinya tergantung budget anda! Semoga tips ini dapat membantu anda, terima kasih.

Notes:…..
Kalo ngerakitnya ga bisa, minta bantuan aja ama temen. Kan sekalian belajar! Atau anda bisa liat petunjuk yang ada di motherboard dan yang lainnya!

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s