Pernahkah anda menjumpai sebuah LCD yang terdapat satu atau lebih titik pada permukaan layarnya? Atau mungkin LCD anda mengalami hal semacam itu? Berhati – hatilah, mungkin sekilas titik tersebut tidak terlalu berbahaya, tapi sebenarnya titik tersebut merupakan masalah besar yang dapat menimbulkan kerusakan pada LCD! Titik yang awalnya cuma satu, lambat laun akan bertambah seiring berjalannya waktu. Bahkan mungkin LCD anda akan menjadi hitam dan bergaris sama seperti LCD HP yang sudah rusak parah! Dan yang lebih parahnya lagi, menurut yang saya ketahui LCD yang sudah terdapat satu titik atau bahkan lebih tidak dapat diperbaiki lagi! Apalagi yang sudah benar2 rusak (dalam hal ini layarnya).
Oleh karena itu, seyogyanya kita mencegah hal tersebut terjadi. Tentu dengan cara merawat dan membersihkannya dengan baik dan berkala! Sedikit tips dari saya:
gunakan cairan pembersih khusus LCD (kain pembersihnya juga harus yang buat LCD, yang benar2 halus seperti kain buat membersihkan kacamata. Banyak dijual di toko komputer kok!). Jangan terlalu sering menyentuh permukaan layar LCD, karena melalui sentuhan itulah LCD bisa rusak. Ga percaya? Coba aja anda sentuh, pasti sentuhan anda akan meninggalkan bekas pada layar LCD anda (biasanya berwarna biru kemerah – merahan). Bila perlu, pake pelindung LCD, bikin aja sendiri dengan memakai plastik yang agak tebal (kaca acrylic/mika juga oke!). Trus cara nempelinnya pake double tape atau apalah yang penting nempel dan ga mudah copot!
Saya harap tips ini dapat menjadi bahan pengetahuan bagi anda. Terima Kasih……🙂

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

3 responses »

  1. Aku kejadian kaya gitu, pas ganti lcd, cuma tiga hari, kena kaya gitu lagi, ada yang tau kenapa? Trus solusinya gmna?

  2. aswiralodra says:

    Ya, betul kata kang asep! Titik tersebut dinamakan dead pixel atau dot pixel. Terima kasih kang kunjungan baliknya, minal ‘aidzin.
    Salam blogger!🙂

  3. asepsaiba says:

    Kalo gak salah titik hitam itu disebut juga ‘dead pixel’, disebabkan kerusakan di sistem liquid crystal di dalamnya. Jadi tidak bisa dihilangkan atau dicegah dengan membersihkan bagian luarnya saja. Jika dibiarkan lama kelamaan akan menyebar.

    Jadi bener yg dibilang smpeyan, jangan pernah menekan2 LCD krn bisa menebabkan dead pixel ini.

    Salam kang, maaf lahir batin ya…

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s