Pencak silat memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Tapi bagaimana dengan pencak silat tradisional?
Pencak silat sekarang jauh berbeda dengan pencak silat asli warisan leluhur. Dulu pencak silat menjadi andalan yang selalu dibangga – banggakan oleh para leluhur kita, tapi seiring berjalannya waktu, pencak silat yang benar – benar tulen semakin terlupakan dan berganti dengan pencak silat modern yang sebenarnya hasil kolaborasi dari beberapa ilmu beladiri yang di kemas sedemikian rupa dalam satu kemasan yang kemudian disebut pencak silat! Sedangkan pencak silat yang masih murni dan belum tercampur dengan ilmu beladiri lain perlahan semakin punah dan tenggelam oleh zaman yang tak bersahabat, sungguh kenyataan yang pahit.😥 Padahal kalau kita menilik masa lalu bangsa kita, para pejuang menggunakan pencak silat untuk mengusir penjajah dari negara ini (pake bambu runcing juga dong!:mrgreen: ). Tapi setelah damai tercipta dan merdekanya negara kita, pencak silat dilupakan begitu saja, huffh…..😦
Sebenarnya pencak silat tradisional ga terlalu kuno lho, hmm…. cukup menarik juga! Hanya dengan satu langkah dan sedikit gerakan kita dapat melumpuhkan lawan. Bahkan hanya dengan sedikit peluang aja kita dapat membuat musuh kewalahan! Celah sekecil apapun dapat menaklukan musuh lho…., sungguh mengagumkan!
Sebenarnya pencak silat memiliki benteng yang sangat kuat,
memanfaatkan serangan musuh untuk balik menyerang, alias bertahan sambil menyerang! Pencak silat memiliki pertahanan yang cukup kuat, bahkan setiap perubahan gerak tubuh kita saja sangat diperhatikan. Serangan yang diluncurkanpun cukup mengagetkan lawan, karena serangan tersebut dilakukan secara tiba – tiba dan sukar untuk ditebak. Satu contoh, ketika lawan melakukan pukulan, otomatis pukulan tersebut ditangkis. Tapi yang menarik adalah tangkisan tersebut dilakukan bersamaan dengan serangan yang diluncurkan (timingnya pas banget!😎 )
Cape juga ngejelasinnya,😐 ane mau ngaso ah.😈 Oh ya,💡 hampir lupa. Ada beberapa jenis pencak silat tradisional yang saat ini masih dikenal sebagian masyarakat, khususnya didaerah saya. Contohnya: Cipande, cikalong, gajah guling, rempah mayit, bode, bebek pencor, dll. (yang ga disebut jangan marah ya?😉 ) mmm…., sebagian masih dilestarikan dan masih tetap exist. Seperti cipande, cikalong dan bode yang (katanya:mrgreen: )masih dilestarikan di Keraton Kasepuhan Cirebon. Sedangkan kalo didaerah saya (Indramayu) kurang tau. Kalaupun ada paling juga diperumahan, sembunyi – sembunyi pula!
Waduh… waduh…., jadi lupa ngaso nih. Udah ah, ane mau ngasap dulu! Wkwkwk…..😆

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

2 responses »

  1. jagabaya says:

    silat cipande itu seperti apa ya? saya baru dengar. Yang saya tau cimande

  2. […] hal yang menyenangkan. Contohnya anda memiliki ketertarikan di bidang seni beladiri atau <<Pencak Silat, anda tinggal mencari artikel tentang jenis beladiri yang anda ingin pelajari. Anda bisa belajar […]

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s