ur

Hmm…, rasanya ga ada salahnya kalo saya sedikit horor (maksud ane membahas hal hal mistis!😛 ). Kali ini saya mau bahas tentang Vampire, legenda mistik dari daerah Barat dan Eropa!
Di negara negara Eropa, masyarakat menggambarkan Vampire dalam bentuk yang beragam. Di Eropa Timur, Vampire digambarkan sebagai sesosok makhluk yang mirip dengan manusia dan adapula yang menggambarkan Vampire sebagai mayat yang dirasuki oleh roh jahat atau dikenal dengan sebutan mayat hidup.
Sedangkan di Eropa Barat, Vampire dipercaya sebagai sesosok makhluk yang berpenampilan rapi dan mewah. Tapi yang jelas, baik masyarakat Eropa Barat maupun Timur menganggap Vampire adalah makhluk yang suka menggigit dan menghisap darah manusia. :????: Kemudian mitos ini menjadi cerita yang legendaris selama berabad – abad!
Pada masa ini, masyarakat masih mempercayai mitologi kuno tersebut, bahkan cerita Vampire seringkali menjadi inspirasi dalam pembuatan film maupun buku. (💡 ) Dan yang tidak habis fikir, seharusnya masyarakat sekarang sudah tidak percaya lagi dengan mistis, karena kebanyakan masyarakat sekarang lebih berfikir secara logika dan memiliki tingkat intelegensi yang lebih baik. Namun masyarakat sekarang menggambarkan Vampire sebagai sosok yang lebih mengerikan lagi. Dalam beberapa film, diceritakan bahwa ketika seseorang tergigit Vampire, dapat dipastikan bahwa orang tersebut akan berubah menjadi Vampire juga. Bahkan Vampire kerapkali dikaitkan dengan kelelawar yang disebut Kelelawar Vampire. Padahal dalam mitologi masyarakat kuno, Legenda Vampire dan Kelelawar Vampire tuh gak nyambung! Ceritanya mah gak kaya gitu….😎

Beberapa Ilmuwan mencoba memberikan penjelasan yang lebih masuk akal. Menurut mereka, mitos Vampire diyakini oleh orang yang pada saat itu minim akan ilmu pengetahuan dan tidak tahu menahu mengenai proses kematian dan pembusukan mayat. Vampire sebenarnya adalah mayat yang mengalami pembengkakan pada seluruh tubuh sehingga menghasilkan gas yang terakumulasi dalam tubuh. Kemudian lambat laun tekanan gas semakin meninggi dan menyebabkan darah keluar dari mulut dan hidung. Dan gas tersebut juga membuat mayat semakin terlihat gemuk dan berwarna kemerahan. Kulitnya pun terlihat agak gelap! (Lha wong mayat yang tidak dikubur atau yang dibuang kelaut aja membengkak kok!😐 ) Dan kemudian mayat inilah yang kemudian dipercaya sebagian masyarakat sebagai Vampire. Karena darah yang keluar dari mulut dan hidung memberikan kesan bahwa mayat tersebut habis meminum darah! Dan mungkin yang membuat masyarakat semakin meyakini sosok Vampire adalah “ketika mayat ditusuk dapat menyebabkan gas yang terakumulasi dalam tubuh keluar dan melewati pita suara, sehingga mayat tersebut mengeluarkan suara yang mereka kira suara tersebut adalah erangan kesakitan sang Vampire!
Tidak hanya itu saja, para ilmuwan juga menjelaskan bahwa pada zaman dulu, orang kerapkali menganggap orang yang masih hidup sudah meninggal (mungkin ketika seseorang pingsan dan tak sadarkan diri karena serangan jantung dan sebagainya) karena minimnya pengetahuan dan ilmu kedokteran yang membuat sebagian orang dikubur hidup – hidup! :????: Dan beberapa orang melaporkan bahwa terdapat cakaran kuku didalam peti mati. Mereka mengira itu adalah cakaran kuku Vampire yang berusaha keluar dari dalam peti, padahal yang ingin keluar tuh bukan Vampire, melainkan orang yang dikubur hidup – hidup tersebut!
Bagaimana pendapat anda? Anda lebih percaya mitos atau ilmu pengetahuan? Yah…, kalo itu sich terserah anda! Tapi menurut pendapat dan pengetahuan saya selama ini, gak ada setan yang membunuh manusia (punten ya, kecuali korban pesugihan dan santet! Hehee….:mrgreen: ). Dan kalaupun Vampire menghisap darah manusia dan kemudian korbannya menjadi Vampire, maka pastinya seluruh penduduk negara atau bahkan semua orang pasti bakalan jadi Vampire. (hiks… hikss…., itu bukan murni pemikiran saya lho….!😆 ) Terinspirasi Dari:
Wikipedia Indonesia

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

One response »

  1. […] dikaitkan dengan kelelawar yang disebut Kelelawar Vampire. Padahal dalam mitologi masyarakat kuno, Legenda Vampire dan Kelelawar Vampire tuh gak nyambung! Ceritanya mah gak kaya gitu…. Beberapa Ilmuwan […]

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s