Beladiri merupakan suatu seni pertahanan diri yang tidak pernah lepas dari teknik bertahan dan menyerang. Teknik penyerangan yang bagus akan membuat lawan semakin kewalahan menghadapi kita, untuk itu diwajibkan bagi seorang ahli beladiri untuk memaksimalkan teknik serangannya! Tapi apa jadinya bila seni beladiri tidak dibumbui dengan teknik menyerang? Apa jadinya bila kita tidak diperbolehkan untuk menyerang musuh? Dan apakah ada beladiri yang hanya mengandalkan pertahanan tanpa membalas serangan musuh? Jawabannya ada, salah satunya adalah pencak silat putri keraton. Eitts…, tapi jangan salah loh, meski pencak silat putri keraton ini hanya mengandalkan pertahanan, tapi cukup mematikan juga loh….! Mau tau? Baca terus ya…!!šŸ™‚
Sebenarnya saya juga tidak begitu tahu tentang pencak silat putri keraton ini, tapi apa salahnya kalau kita mencoba membahas masalah ini? Kali aja ada yang tahu banyak tentang beladiri jenis ini, dan siapa aja berhak memberi komentar atau komentar tambahan untuk memperbaiki artikel ini. Yaa…. meski saya juga tidak begitu tahu tentang beladiri sih! Tapi lumayan lah buat pengetahuan… Hehee….šŸ˜›
Menurut salahsatu narasumber yang saya temui, (busyet…, gayanya kaya reporter aja!šŸ˜Ž ) pencak silat putri keraton ini hanya mengandalkan teknik bertahan saja, tidak pernah menyerang balik lawan, bahkan konon katanya sich menyentuh atau lebih tepatnya menangkis serangan lawan saja tidak diperbolehkan dalam seni beladiri jenis ini (kok bisa gitu ya? Gimana mau menang?). Namun meskipun begitu, pencak silat jenis ini tetap saja mematikan. Mampu membunuh atau melukai lawan, sama halnya dengan seni beladiri lainnya!
Teknik Dasar Pencak Silat Putri Keraton Dan Cara Mengalahkan Lawan
Teknik dasar dari pencak silat putri keraton ialah menhindari setiap serangan dari musuh, dan kalau dilihat sepintas memang sangat mirip dengan orang yang sedang menari (jaipong), dia tidak menggunakan tangannya untuk menangkis serangan lawan! Mungkin karena beladiri ini awalnya dimiliki oleh seorang putri dari sebuah kerajaan yang berilmu kanuragan sangat tinggi, makanya dia tidak mau menyerang balik musuh, meskipun musuh itu menggunakan senjata. Dan perlu kita ketahui, mengalahkan musuh tidak harus menggunakan tenaga atau kekerasan. Sebenarnya menurut saya, otak kita adalah satu – satunya teknik atau senjata yang sangat ampuh untuk mengalahkan musuh. Oleh sebab itu, pencak silat putri keraton lebih mengutamakan ketangkasan, keselarasan gerakan, keseimbangan, kejelian mata, ketelitian, serta ketajaman berfikir dibanding seni beladiri lainnya! Sedangkan untuk mengalahkan musuh, kita harus menunggu kelengahan musuh dan mencari waktu yang tepat. Contoh singkatnya seperti ini, misalkan si ahli pencak silat sedang bertarung dengan musuhnya ditepi jurang, maka untuk mengalahkan musuhnya, dia harus menunggu musuhnya lelah atau dengan sengaja dia memancing musuhnya untuk mendekat ke tepi jurang, kemudian ketika musuhnya menyerang, dengan sigap dia menghindari serangan musuhnya agar musuhnya jatuh ke jurang. Atau dia juga bisa memancing musuhnya yang sedang lengah agar menginjak paku. Dan mungkin masih banyak lagi trik – trik yang tidak terduga lainnya! (Maklum, ane nggak begitu tau. Hehee…. f(^_^) ).
Ane rasa udah cukup nih isi artikelnya, tangan ane pegel! Tungguin posting – posting yang berkaitan dengan pencak silat tradisional Indonesia lainnya ya! Hehe….šŸ˜Ž

Notes:
Sekedar catatan, biasanya orang yang belajar pencak silat jenis ini memiliki ajian – ajian khusus buat ngedukung beladiri jenis ini, misalnya agar mata jadi lebih waspada, agar gerakan lincah, dll… (Itu katanya loh ya? Kalo ada yang ga percaya ama yang kaya ginian jangan nyalahin saya. Kan katanya! Wkwkwk….šŸ˜› ).

About aswiralodra

Hidup selalu penuh perjuangan!

4 responses »

  1. aswiralodra says:

    @ umar bae:

    Pencak silat ghaib? maksud anda ilmu kebathinan? saran saya sich belajar jgn yg instan, resikonya besar (pengalaman pribadi). Anda orang indramayu ya? Di Indramayu kan masih banyak orang yang bisa pencak silat, kenapa nggak nyari guru aja? di Youtube emang banyak video silat, tapi lebih bagus berguru langsung!!!

  2. Umar bae says:

    Ass.. Wr wb, gimana tips belajar silat dar video/dvd (tanpa guru). Silat ghaib apa memang ada dan pa efktif untk beladiri dijalanan.

  3. Umar bae says:

    Ass… Wr wb, ada ga tips blajar silat dari video/dvd (tanpa guru), dan mengnai silat ghaib apa mmang ada dan apakah efektif untuk bla diri dijalanan,

  4. […] (Unik) Pencak Silat Putri Keraton, Mengalahkan Musuh Tanpa Disentuh! RSS feed […]

Silahkan Tulis Komentar....!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s